Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

1.LAURENCE E. ROTHENBERG :
Globalisasi adalah percepatan dan intensifikasi interaksi dan integrasi antara orang-orang, perusahaan,dan pemerintah dari negara yang berbeda.

2. Selo Soemardjan :
globalisasi adalah suatu proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia. Tujuan globalisasi adalah untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama misalnya terbentuknya PBB,OKI

3. Achmad Suparman :
Globalisasi adalah suatu proses menjadikan sesuatu (benda atau perilaku) sebagai ciri dari setiap individu di dunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah

4. Scholte :
Globalisasi diartikan sebagai meningkatnya hubungan internasional.Dalam hal ini masing- masing negara tetap mempertahankan identitasnya masing-masing,namun menjadi semakin tergantung satu sama lain.

5. Scholte :
Globalisasi juga diartikan dengan semakin diturunkan batas antar negara, misalnya hambatan tarif eksporimpor, lalu lintas devisa, maupun migrasi.

6. Leonor Briones :
Demokrasi bukan hanya dalam bidang perniagaan dan ekonomi namun juga mencakup globalisasi institusi-institusi demokratis, pembangunan sosial, hak asasi manusia, dan pergerakan wanita.

7. Scholte :
Globalisasi juga digambarkan sebagai semakin tersebarnya hal material maupun imaterial ke seluruh dunia. Pengalaman di satu lokalitas dapat menjadi pengalaman seluruh dunia.

8. Steger :
kondisi sosial yang ditandai dengan adanya interkoneksi ekonomi, politik, budaya, dan lingkungan global dan arus yang membuat banyak dari perbatasan saat ini sudah ada dan batas-batas tidak relevan.

9. Anthony Giddens (1989) :
proses peningkatan kesalingtergantungan masyarakat dunia dinamakan dengan globalisasi. Ditandai oleh kesenjangan tingkat kehidupan antara masyarakat industri dan masyarakat dunia ketiga (yang pernah dijajah Barat dan mayoritas hidup dari pertanian).

10. Emanuel Ritcher :
Globalisasi adalah jaringan kerja global secara bersamaan menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar-pencar dan terisolasi kedalam saling ketergantungan dan persatuan dunia.

11. Beerkens :
Keterkaitan seluruh dunia antara negara-bangsa menjadi dilengkapi dengan globalisasi sebagai sebuah prosesdi mana pengaturan sosial dasar (seperti kekuasaan, budaya, pasar, politik, hak, nilai, norma, ideologi, identitas,kewarganegaraan, solidaritas) menjadi disembedded dari spasial merekakonteks (terutama negara-bangsa) karena,massification percepatan, difusi flexibilisation,dan perluasan arus transnasional orang,produk, gambar dan informasi keuangan

12. Tom G. Palmer :
globalisasi sebagai "penyusutan atau penghapusan negara-diberlakukan pembatasan pertukaran lintas batas dan sistem global yang semakin terintegrasi dan kompleks produksi dan pertukaran yang telah muncul sebagai akibat.

13. Lucian W. Pye :
Globalisasi sebagai sebuah gejala tersebarnya nilai-nilai dan budaya tertentu keseluruh dunia (sehingga menjadi budaya dunia atau worldculture).

14. Takis Fotopoulos :
globalisasi ekonomi "sebagai pembukaan dan deregulasi pasar komoditas,modal dan tenaga kerja yang menyebabkan globalisasi neoliberalini."globalisasi politik "bernama munculnya elit transnasional dan keluar pentahapan dari negara-bangsa." globalisasi budaya "adalah homogenisasi budaya di seluruh dunia.

15. Joseph Stiglitz :
Globalisasi "adalah integrasi lebih dekat dari negara dan penduduk dunia ... dibawa oleh pengurangan besar biaya transportasi dankomunikasi, dan dipatahkannya rintangan buatan untuk arus barang,jasa, modal, pengetahuan, dan orang di seluruh perbatasan.

16. Thomas L. Friedman :
Globlisasi memiliki dimensi ideology dan teknlogi.Dimensi teknologi yaitu kapitalisme dan pasar bebas, sedangkan dimensi teknologi adalah teknologi informasi yang telah menyatukan dunia.

17. Merriam Webster Dictionary :
perkembangan ekonomi global yang semakin terintegrasi ditandai terutama oleh perdagangan bebas, arus modal yang bebas,dan menekan lebih murah pasar tenaga kerja asing.

18. Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan :
Globalisasi adalah proses yang meliputi penyebab,kasus, dan konsekuensi dari integrasi transnasional dan transkultural kegiatan manusia dan non-manusia.

19. Malcom Waters :
Globalisasi adalah sebuah proses sosial yang berakibat bahwa pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya menjadi kurang penting, yang terjelma didalam kesadaran orang.

20. Anthony Giddens :
globalisasi sebagai 'intensifikasi hubungan sosial seluruh dunia yang menghubungkan daerah yang jauh dalam sedemikian rupa sehingga kejadian lokal dibentuk oleh peristiwa yang terjadi bermil-mil jauhnya dan sebaliknya'.

21. PeterDrucker :
menyebutkan globalisasi sebagai zaman transformasi sosial.

22. International Monetary Found (IMF) :
Globalisasi di tunjukan dengan meningkatnya kesalingtergantungan ekonomi antara negara-negara di dunia yang di tandai meningkat dan beragamnya volume transaksi barang dan jasa lintas negara dan penyebaran teknologi yang meluas dan cepat.

23. Prof. Dr. Mubyarto :
Globalisasi mempunyai dua pengertian: pertama, sebagai deskripsi/definisi, yaitu proses menyatunya pasar dunia menjadi satu pasar runggal; kedua, sebagai "obat kuat" yang menjadikan ekonomi lebih efisien dan lebih sehat menuju kemajuan masyarakat dunia.

24. Martin Albrowrn :
Globalisasi menyangkut seluruh proses di mana penduduk dunia terhubung ke dalam komunitas dunia yang tunggal, komunitas global.

25.A.G. Mc Grew :
Globalisasi mengacu pada keseberagaman hubungan dan saling keterkaitan antara negara dan masyarakat yang membentuk sistem dunia modern. Globalisasi adalah proses di mana berbagai peristiwa, keputusan dan kegiatan di belahan dunia yang satu dapat membawa konsekuensi penting bagi berbagai individu dan masyarakat di belahan dunia yang lain.

26. R. Robertson :
Globalisasi adalah proses mengecilnya dunia dan meningkatnya kesadaran akan dunia sebagai satu kesatuan, kesalingtergantungan dan kesadaran global akan dunia yang menyatu di abad ke-20.

27. Bank Dunia :
Globalisasi adalah kebebasan dan kemampuan individu dan perusahaan untuk memprakarsai transaksi ekonomi dengan orang- orang dari negara-negara lain.

28. Wikipedia Encyclopedia Indonesia :
Globalisasi adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menjelaskan perubahan-perubahan dalam masyarakat dalam perekonomian dunia yang dihasilkan oleh meningkat pesatnya perdagangan dan pertukaran kebudayaan. Dalarn arti ekonomi, globalisasi mengacu terutama pada liberalisasi perdagangan bebas.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Lain - Lain dengan judul Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://palingimut.blogspot.com/2015/05/pengertian-globalisasi-menurut-para-ahli.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: suci - Monday, May 18, 2015