Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal - Jurnal-jurnal yang ada juga berasal dari hasil penelitian penulisnya yang bermanfaat untuk banyak pembacanya. Jurnal saat ini tidak hanya berbentuk fisik berupa jurnal cetak, tetapi juga sudah masuk ke dalam ranah digital. Jurnal digital juga sudah bisa diakses di internet.

Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal Cetak

Kemudahan dari penggunaan jurnal cetak adalah bentuknya yang berupa lembaran kertas fisik lebih memudahkan penggunanya untuk membua-buka halaman yang diinginkan. Selain itu tidak perlu repot membuak folder atau membuak filenya. Untuk mengetahui cara menulis daftar pustaka dari jurnal cetak, ada cara menulis daftar pustaka dari jurnal yang sudah ditentukan. Berikut cara penulisan daftar pustaka dari jurnal cetak.
1. Tuliskan nama pengarang atau penulis jurnal tersebut. Penulisan nama sama halnya dengan penulisan nama pada daftar pustaka dengan sumber buku. Nama penulis dibalik. Nama belakang dari penulis disimpan di depan kemudian beritanda koma dan selanjutnya tuliskan nama depan dari penulis.
2. Tuliskan tahun dari terbitnya jurnal tersebut. Setiap jurnal memiliki waktu penerbitannya masing-masing. Tuliskan tahun terbit seperti yang tertera pada jurnal tersebut.
3. Tuliskan judul jurnal. Judul jurnal ditulis dengan menggunakan tanda petik dua di antara judul tersebut.
4. Tulis nama dari penerbit jurnal tersebut.
5. Tulis juga volume atau edisi jurnal jika ada.
Cara menulis daftar pustaka dari jurnal cetak harus dilakuka dengan benar. Setiap sumber seperti jurnal ini sudah banyak membantu penulis untuk mendapatkan apa yang dicarinya, untuk menguatkan pendapat penulis, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, seorang penulis tidak boleh menjiplak begitu saja isi dari jurnal cetak tersebut. Penulis hanya boleh mengutip dan itu pun terbatas serta memberikan keterangan sumber pada kutipan yang sudah digunakan.

Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal Digital

Era digital saat ini sudah merambah juga pada jurnal. Jurnal tidak saja hanya berbentuk cetak tetapi juga berbentuk digital. Bahkan beberapa jurnal digital sudah bisa diakses dengan menggunakan internet.
Akan tetapi tidak semua jurnal bisa diakses dengan mudah di dalam internet. Ada situs-situs jurnal yang memiliki ketentuan khusus bagi mereka yang ingin bisa mendapatkan jurnal dari situs tersebut. Untuk penulisan daftar isi dari jurnal digital, caranya adalah sebagai berikut.
1. Nama penulis atau pengarang jurnal. Sama dengan ketentuan penyimpanan nama penulis dari daftar pustaka jenis sumber lainnya. Nama penulis dibalik sehingga posisi dari nama belakang berada di depan dan nama depan ada di belakangnya.
2. Tahun diterbitkannya jurnal. Penulisan tahun diterbitkanya jurnal ini memiliki posisi yang penting. Hal tersebut karena akan diketahui bahwa jurnal tersebut memang sudah diterbitkan secara resmi.
3. Judul jurnal digital. Sama halnya dengan jurnal cetak, penulisan judul jurnal digital juga tidak menggunakan huruf miring. Judul jurnal ditulis di antara dua tanda petik.
4. Nama penerbit jurnal digital. Nama penerbit jurnal digital juga menajdi salah satu tanda bahwa jurnal tersebut memang benar-benar sudah diterbitkan secara resmi.
5. Volume dan juga edisi jurnal. Untuk penulisan volume dan edisi jurnal ini juga bergantung dari ada tidaknya volume dan edisi jurnal tersebut.
6. Alamat website atau alamat URL dari jurnal digital tersebut. Jurnal digital yang diperoleh secara online tentunya berasal dari sebuah website tertentu. Oleh karena itu, alamat URL dari jurnal digital tersebut harus dicantumkan. Alamat URL jurnal digital ditulis dengan menggunakan huruf miring.
7. Penulisan tanggal diambilnya atau diaksesnya jurnal digital tersebut. Hal ini untuk memberitahukan bahwa pengaksesan dari jurnal digital tersebut jelas.
Kemudahan dari adanya jurnal digital adalah proses pencariannya. Ketik jurnal cetak harus didapatkan di tempat jurnal tersesbut ada, untuk jurnal digital cukup dengan memesan via online.
Jurnal digital ada yang bisa didapatkan denga mengunduhnya secara gratis tetapi dengan persyaratan tertentu dan ada juga yang harus dibeli. Akan tetapi, walaupun harus membeli, keberadaa jurnal digital ini akan semakin mempermudah para penulis untuk bisa mendapatkan banyak sumber untuk tulisannya.
Penggunaan jurnal cetak dan jurnal digital sebagai sumber untuk tulisan memang sudah cukup banyak digunakan. Hanya saja, seorang penulis harus mengetahui batasannya dengan tidak menjadikan kalimat di dalam jurnal sebagai kalimatnya sendiri.
Arti kata lainnya adalah menjiplak atau plagiasi. Penulis diizinkan untuk mengutip tetapi harus jelas sumber dan jumlah kutipannya. Penjelasan dari penulis sendiri tentang kutipan tersebut sebaiknya jumlahnya lebih banyak. Pembahasan tentang cara menulis daftar pustaka dari jurnal cetak dan jurnal digital dalam artikel ini diharapkan bisa banyak bermanfaat untuk pembaca.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Lain - Lain dengan judul Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://palingimut.blogspot.com/2014/04/cara-menulis-daftar-pustaka-dari-jurnal.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: suci - Sunday, April 13, 2014